PEMANFAATAN ARDUINO SEDERHANA


PEMANFAATAN ARDUINO UNO DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
SENSOR PARKIR MUDAH DAN MURAH MERIAH

1.               Latar Belakang
Perkembangan dunia otomotif sangatlah pesat dan juga ditambah sikap konsumtif masyarakat modern yang membutuhkan kendaraan. Penduduk di Indonesia khususnya diperkotaan, memiliki lebih dari satu mobil. Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara juga harus mendapatkan perhatian yang lebih. Apalagi di era sekarang jika kita tidak berhati-hati dalam berkemudi akan menimbulkan kerugian.
Beberapa merk mobil modern tidak memiliki sensor parkir, akibatnya banyak orang dalam melakukan aktivitas parkir merasa kesulitan. Masih banyak juga mobil jadul (jaman dulu) yang masih digunakan dan tidak memiliki sensor parkir. Pemanfaatan mikrokontroler disini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dan praktek, Pemasangan alat ini dapat dipasang pada bagian belakang mobil atau pada parkir kendaraan yang ada dirumah.
Prototype alat ini menggunakan sensor ultrasonik sebagai inputan yang berfungsi sebagai pendeteksi jarak atau objek yang mendekat. Alat ini dikontrol menggunakan Arduino UNO yang mudah digunakan dan dipelajari. Alat ini akan mengeluarkan bunyi apabila sensor mendapat logika yang sudah ditentukan. Bunyi ini berasal dari buzzer 5v yang dirancang sedemikian rupa.

2.            Study Literatur
Penelitian sebelumnya yang cukup relevan dengan penelitian kali ini salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Bakhtiyar Arasada dan Bambang Suprianto Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya dengan judul Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno. Kelebihan dari penelitian ini adalah pemaparan materi yang sangat jelas dengan didukung data yang akurat pada setiap percobaannya. Kekurangan dari penilitian ini adalah pemaparan setiap komponen tidak disebutkan dengan jelas.

3.               Metode dan Perancangan
3          Metode
Metode yang digunakan penulis dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku-buku, arsip, artikel, jurnal, atau dokumen pendukung lainnya. Selain dengan studi literatur perancangan ini dibuat dengan praktek secara mandiri dan Analisa terhadap alat.
           Perancangan
    Perancangan pada alat ini dilakukan dengan menggunakan project board, kemudian komponen dilakukan pemasangan setiap komponen dengan dihubungkan dengan kabel jumper. Arduino UNO sebagai kendali dalam pekerjaan alat ini didukung catu daya 5V  yang dihubungkan langsung ke PC.
      Alat dan Bahan :
·      Arduino Uno
·      Project Board
·      Buzzer 5v
·      Sensor Ultrasonik HC-SR04
·      Kabel Jumper
·      Software Arduino IDE
Berikut adalah schematic dan flowchart pada alat ini : 




















       Pemrograman yang dilakukan menggunakan software Arduino IDE yang disesuaikan dengan kebutuhan logika pada alat ini. Berikut merupakan program yang dijalankan pada alat ini :
 [code]

// Deklarasi ultrasonic dan buzzer
int const trigPin = 10; //trigPin pada sensor ultrasonik pada pin 10
int const echoPin = 9; //echoPin pada sensor ultrasonik pada pin 9
int const buzzPin = 2; //buzzPin/buzzer pada pin 2

void setup()
{
pinMode(trigPin, OUTPUT); // trig pin akan menjadi output
pinMode(echoPin, INPUT); // echo pin menjadi input
pinMode(buzzPin, OUTPUT); // buzz pin menjadi output
}

void loop()
{
  //Durasi akan menjadi input dan jarak akan menggunakan satuan sentimeter
int durasi, jarak;
  
digitalWrite(trigPin, HIGH); 
delay(1);
digitalWrite(trigPin, LOW);
  // Ukur pulse input pada echo pin
durasi = pulseIn(echoPin, HIGH);
  // Jarak adalah setengah dari durasi dibagi 29.1(menurut datasheet)
jarak = (durasi/2) / 29.1;
  // jika jarak kurang dari 30 cm dan lebih dari 0
    if (jarak <= 30 && jarak >= 0) {
    // Buzzer akan bunyi
    digitalWrite(buzzPin, HIGH);
    } else {
    // TIDAK BUNYI
    digitalWrite(buzzPin, LOW);
    }
    //tunggu 60ms
    delay(60);
}
[/code]



3.3           Analisa
           Pada rangkaian ini jika ada objek mendekati sensor ultrasonik, sejauh 30 cm maka buzzer akan berbunyi. Jika lebih dari 30 cm maka sensor akan diam. Jarak pada rangkaian ini dapat diatur didalam program sesuai dengan kebutuhan.
Berikut adalah hasil penelitian.

No
Jarak
Output
1
0 -15 cm
BUZZER ON
2
15 - 30 cm
BUZZER ON
3
>30cm
BUZZER OFF


4.                  Kesimpulan
Alat ini mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi disaat membutuhkan sensor parkir yang cukup terjangkau dan efektif. Pemasangan instalasi pada alat ini harus dibuat dengan baik karena dapat menunjang kinerja pada alat tersebut. Selain Arduino UNO yang dapat digunakan sebagai kontrol, jika ingin lebih minimalis disarankan menggunakan Arduino NANO yang ukurannya lebih kecil.



     VIDEO YOUTUBE :














     SUMBER TERKAIT :


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.